Manado

Makanan Khas MANADO Asli

Indonesia merupakan negara yang terdiri dari beragam suku bangsa yang mana memiliki keanekaragaman olahan masakan yang menjadi ciri khas daerah tersebut atau sering disebut makanan khas daerah. Makanan khas daerah adalah makanan yang biasa di konsumsi di suatu daerah. Karakter masakan di suatu daerah biasanya mencerminkan karakter masyarakatnya. Di daerah pegunungan karena iklim pegunungan yang dingin dan menghasilkan bahan pangan berupa sayur-mayur, umumnya olahan masakannya berbahan dasar sayur yang disajikan dalam suhu panas dengan rasa pedas, dengan tujuan untuk menghangatkan badan.

Makanan Khas Manado

Di daerah pantai maka olahan makanannya banyak menggunakan hasil laut. Namun seiring dengan perkembangan zaman, kontak dengan orang dari luar daerah semakin tinggi sehingga melahirkan banyak masakan campuran yang ikut memperkaya produk makanan khas daerah. Kelezatan makanan Manado sebenarnya telah terkenal, pedas, asin, dan gurih adalah cita rasa kekhasannya. Berikut adalah  menu makanan khas Manado yang paling kerap dicari orang. Manado kini berbenah dan tambah menarik wisatawan untuk mengunjunginya.

Ambisi Pemerintah Sulawesi Utara untuk mendatangkan turis Tiongkok sampai 1 juta orang bisa membawa dampak pariwisata di Manado dan sekitarnya bergeliat. Tak afdol rasanya kalau berkunjung ke Manado cuma untuk menikmati alam, budaya, keramahan warganya tanpa mencicipi kuliner khasnya sambil memainkan permainan khas manado di https://www.norwichstarwarsclub.co.uk/. Berikut kami rangkum 10 kuliner yang wajib Anda cicipi saat bertandang ke Manado. Tentu, makanan dalam daftar ini adalah kuliner halal.

JENIS MAKANAN MANADO FAVORIT

Makanan khas tempat memiliki kandungan gizi dan beragam, sesuai dengan bahan baku, bahan tambahan, dan tehnik pengolahan yang digunakan. Bahan utama produk makanan khas tempat adalah bahan nabati/hewani, kandungan nutrisi utamanya adalah karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin, dan air. Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri berasal dari bermacam suku bersama dengan kebudayaan yang benar-benar beragam.

Demikian pula bersama dengan hasil alam yang dijadikan sebagai bahan pangan. Umumnya bahan pangan berasal berasal dari dua sumber yakni bahan pangan nabati dan bahan pangan hewani. Bahan makanan nabati adalah bahan makanan yang berasal berasal dari tumbuh-tumbuhan layaknya sayur-sayuran, buah-buahan, umbi-umbiaN. Bahan makanan hewani adalah makanan yang berasal berasal dari hewan, layaknya telur ,ayam, daging, ikan, dan susu.

Jenis Makanan Manado

Perbedaan budaya dan bahan pangan yang tersedia membuat pengolahan produk makanan khas berlainan di tiap-tiap tempat sehingga membuahkan aneka tipe produk makanan yang beranekaragam bersama dengan sifat yang berlainan pula. Masakan khas Manado terfavorit mempunyai ciri khas dan sifat tertentu berbeda dengan seperti makanan kuliner khas jogja, contoh nya seperti:

Bubur Tinutuan ( Bubur Manado)

Bubur kaya akan vitamin ini kebanyakan sebenarnya di sediakan di pagi hari. Bubur bersama sayuran berupa kangkung, bayam, ubi merah, jagung, dan bumbu-bumbu layaknya serai, daun salam, jahe, dan juga garam ini dinikmati bersama ikan asin goreng dan sambal pedas khas Manado.

Bubur Manado

Nasi Kuning Saroja

Sama seperti nasi kuning kebanyakan di Indonesia, nasi kuning ini juga di sediakan bersama beraneka hidangan lainnya layaknya abon ikan cakalang, keripik ubi yang dibuat serupa kentang, semur daging, dan sambal goreng tak lupa perkedel jagung.

Ikan atau Ayam

Woku Menu ini berkuah bersama racikan banyak bumbu, menjadi pedas dan sedikit asam, segar bersama bau daun kemanginya.

Nasi Jaha

Ketan putih dan santan yang dimasak dalam bambu. Nasi Jaha dikenal juga bersama nama Lemang di daerah Sumatera.

Paniki

Menu yang satu ini terbilang ekstrim, dikarenakan Paniki adalah kelelawar besar yang banyak hidup di Manado. Paniki dimasak dalam santan kental dan bumbu berempah yang kuat. Cara lainnya lagi Paniki dimasak layaknya dioseng bersama bumbu rempah dan cabai yang banyak, supaya rasanya terlampau pedas dan panas. Daging paniki berwarna hitam.

Kawok

Ini yang lebih ekstrim lagi, Kawok adalah tikus hutan berekor putih. Dimasak bersama beraneka bumbu dapur dan cabai, supaya rasanya lumayan pedas dan gurih.

Tuturuga

Kata ini artinya kura-kura, namun semenjak pemerintah mengeluarkan larangan untuk menangkap kura-kura secara ilegal, daging kura-kura diganti bersama ayam atau ikan. Dibumbui khas Manado bersama sedikit kuah dan pedas. Sangat pas dinikmati bersama nasi panas.

Sambal Dabu

Sambal dabu-dabu adalah sambal khas Manado yang cara membuatnya dipotong kotak-kotak, disiram jeruk nipis, dan ditambahkan irisan kemangi. Paling enak di sediakan sehabis didinginkan di lemari pendingin.

Pisang Goreng Sambal

Pisang goreng kebanyakan di sediakan begitu saja, seselesainya digoreng. Beda di Manado, pisang goreng hangat dinikmati bersama cocolan sambal terasi yang pedas. Sebagai peneman, disandingkan bersama es kelapa muda bersama gula merah sebagai pemanisnya.

Klappertaart

Namanya sebenarnya diadaptasi berasal dari bahasa Belanda yang artinya Tart Kelapa. Memang benar tart ini berbahan basic kelapa muda dicampur bersama susu, keju, kacang kenari, dan kismis. Terkadang ada juga yang memberikan rhum dan kayu manis. Ada dua macam klappertaart, dibakar dan tanpa dibakar. Keduanya serupa enaknya, lembut dan segera leleh di lidah.

Cakalang Fufu

Cakalang Fufu Ikan cakalang (Katsuwonus pelamis) atau tongkol putih yang diasapi (fufu) merupakan tidak benar satu menu khas di Manado. Ikan yang masih segar dan segera diasapi ini lantas diolah menjadi beraneka menu. Salah satu olahan paling enak adalah cakalang fufu saus, atau diolah menjadi cakalang fufu santan.

Sambal Roa

Sambal Roa Ini adalah tidak benar salah satu sambal khas Manado lainnya. Sangat khas, dikarenakan dibuat berasal dari cabe yang dicampur bersama ikan roa (sejenis ikan terbang) yang di awalnya diasap sampai kering sekali. Ikan roa yang dicampur bersama cabe itu di awalnya ditumbuk menjadi terlampau halus, lalu dimasak bersama sedikit minyak. Adonan dicampur bersama cabe rawit, bawang merah, bawang putih, tomat, garam dan juga gula, lantas ditumis. Sambal roa terlampau cocok menjadi pelengkap saat menyantap tinutuan. Jangan heran kalau sambal roa harganya lumayan mahal.

Brenebon

Es Brenebon Ini dia racikan es paling tenar di Manado. Bahan utamanya adalah brenebon (kacang merah). Jika anda ke Manado, sebut saja es kacang, maka pemilik warung makan mengetahui yang dimaksud adalah es brenebon. Sebab kalau menggunakan kacang tanah, nama menunya adalah es kacang tanah. Rumah Makan Es Miangas yang pas berada disamping Jembatan Miangas terlampau melegenda bersama sajian es brenebonnya. Rumah makan yang simpel ini telah puluhan tahun setia menyajikan es brenebon sebagai menu utamanya.